Judul: 

CLASSROOM ACTION RESEARCH

Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik

Penulis: 

Dr. Sri Haryanto, M. Pd.I

Edi Rohani, M. Pd.I

Editor: 

Dr. H. Ngarifin Shiddiq, M. Pd.I

Ukuran: 
14x21 cm
Halaman:
 ix + 102
Tahun terbit: 
2023

Deskripsi:

Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam upaya meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang guru di sekolah/madrasah. Hal ini mengingat bahwa PTK merupakan penelitian yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan substantif, yaitu suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin inkuiri atau suatu usaha seseorang untuk memahami apa yang sedang terjadi, sambil terlihat dalam sebuah proses perbaikan dan perubahan.

Oleh karena tujuan PTK adalah memperbaiki kualitas proses pembelajaran, maka kegiatan yang dilakukan haruslah berupa tindakan yang diyakini lebih baik dari kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan. Dengan kata lain, tindakan yang diberikan kepada siswa harus terlihat lebih efektif, efisien, kreatif dan inovatif. Sehingga output atau hasil yang diharapkan melalui PTK adalah peningkatan atau perbaikan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Permasalahannya, masih banyak guru yang belum sepenuhnya dapat memahami hakekat dari PTK dan prosedur yang harus dilakukannya. Buku yang ada di hadapan pembaca ini, memberikan gambaran detail mengenai seluk beluk PTK, dari mulai perencanaan penelitian, penyusunan proposal  hingga pada penulisan laporan PTK secara mendalam. Buku ini sangat layak untuk dijadikan sebagai pegangan para guru yang akan melakukan penelitian tindakan karena di dalamnya juga dilengkapi dengan contoh-contoh proposal dan ringkasan hasil PTK yang selama ini banyak dicari oleh para guru. []


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages